5 Persiapan Diri Sebelum Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Posted by   on

5 Persiapan Diri Sebelum Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja - 5 Persiapan Diri Sebelum Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Apabila Anda mendapat panggilan tes wawancara kerja, ada dua hal yang sering timbul pada diri kita, yaitu perasaan senang dan juga rasa khawatir. Anda merasa senang karena berkas lamaran kerja kita sudah diterima. Namun disisi lain, Anda juga merasa khawatir untuk maju ketahap berikutnya, yaitu tahap tes wawancara kerja. Kekhawatiran ini sering dialami pada orang yang baru lulus atau yang baru mulai kerja. Mereka khawatir tidak tahu pertanyaan-pertanyaan apa yang akan ditanyakan oleh Pewawancara Kerja. Sehingga muncullah rasa khawatir dan hanya memikirkan kelemahan diri Anda. Oleh sebab itu, berikut ini 5 persiapan buat diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada saat tes wawancara kerja.

1. Mencari Informasi
Perasaan tidak yakin, bimbang dan takut ini dapat diatasi dengan mempersiapkan diri Anda, seperti mencari informasi mengenai perusahaan tempat kita melamar kerja. Anda juga bisa mendapat pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan bidang Anda di Internet, Anda juga bisa menanyakan kepada orang yang sudah mempunyai pengalaman mengikuti tes wawancara dengan berbagai macam tips menjawab pertanyaan-pertanyaan tes wawancara kerja. Hal ini dapat memberikan inspirasi saat mengikuti tes wawancara kerja. Dengan persiapan diri Anda, Anda lebih tenang saat mengikuti tes wawancara kerja.

2. Berpikir Positif
Dengan berpikir positif sangat penting dalam menghadiri tes wawancara, terutama saat diajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai kelemahan diri Anda. Ini adalah langkah awal bagi Pewawancara untuk melihat kepribadian Anda. Sebagai pelamar kerja, merupakan peluang besar bagi Anda untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang cemerlang. Sebaliknya jika Anda menyebutkan kelemahan terbesar Anda, seolah-olah Anda memiliki banyak kelemahan. Hal ini dapat menyebabkan pertanyaan, “Apa kelemahan Anda lainnya ?”. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangilah perkataan-perkataan yang negatif dalam jawaban Anda, karena sifat yang negatif hanya menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang lemah.

3. Yakinkan Anda Bisa Menjadi Lebih Baik
Kelemahan bukanlah yang mutlak, bisa jadi, hal yang Anda fikirkan sebagai kelemahan mungkin sebenarnya bukanlah satu kelemahan. Setiap manusia bisa saja berubah, asalkan ada kemauan dan usaha. Hilangkan perasaan Anda kalau Anda tidak dapat berubah atau menjadi orang yang lebih baik. Selagi kita hidup, merupakan peluang Anda untuk selalu belajar dan memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik. Yakinkan kepada Pewawancara bahwa nd orang bisa berubah, mau belajar dan memperbaiki diri.

4. Kelemahan merupakan sifat alami yang dimiliki setiap orang
Kelemahan yang Anda miliki adalah kelemahan yang dimiliki setiap manusia. Sebagai contoh sifat kurang sabar adalah sifat yang dimiliki setiap manusia. Anda mungkin kurang sabar, karena Anda ingin orang lain mengikuto sebaik yang Anda kerjakan, namun Anda tidak memahami bahwa kemampuan setiap manusia dari segi pendidikan dan keahlian itu berbeda-beda. Sebab itu buatlah pertimbangan dan belajar untuk menghadapi dengan sikap yang arif dan bijaksana.

5. Berpikirlah dengan jujur.
Berpikirlah secara jujur dengan diri sendiri. Jika tidak, apa yang keluar dari mulut Anda akan menjadi kebohongan dan juga jangan memandang remeh kepada kemampuan orang lain untuk menutupi kebohongan kita. Oleh sebab itu, apabila Anda diberi pertanyaan, jawablah dengan cara berpikir dengan jawaban dari hati yang jujur.

Demikian artikel tips wawancara kerja mengenai 5 Persiapan Diri Sebelum Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar
Apakah Anda siap menghadapi Wawancara Kerja ?
Join Our Newsletter