Tips Menjawab 4 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dengan baik

Posted by   on

Tips Menjawab 4 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dengan baik


Tips Wawancara Kerja - Tips Menjawab 4 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dengan baik

Banyak pertanyaan yang ditanyakan saat mengikuti tes wawancara kerja. Namun ada 4 pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh si pewawancara kerja yang berkaitan dengan perusahaan atau kantor. Oleh sebab itu, pertanyaan dalam tes wawancara kerja, haruslah dijawab dengan baik dan benar. Disarankan kepada Anda untuk sejenak melatih diri Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Kenalkan tentang diri anda.
Seringkali kita menjawab pertanyaan ini dengan cara menerangkan tentang kisah hidup kita atau hanya membaca daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yang di bawa, tentunya hal tersebut banyak membuang waktu kita saat wawancara kerja. Kita tidak menyadari hal yang kita jelaskan bukanlah  hal yang penting untuk dijelaskan kepada pewawancara kerja.
Untuk jelasnya, apa yang ditanyakan oleh pewawancara kerja adalah “Mengapa Anda berminat dengan pekerjaan ini ?” dan “Mengapa Anda layak untuk memegang pekerjaan ini ?”.
Oleh karena itu, yang Anda perlu ingat sekarang adalah bagaimana cara Anda menjelaskan kepada pewawancara kerja tentang kelebihan dan keseriusan Anda dalam pekerjaan yang dilamar. Maka, seharusnya Anda menerangkan pengalaman dan pencapaian anda sebelumnya.

2. Apa Kelemahan Anda ?
Pertanyaan ini bukanlah pertanyaan menguji. Tapi sebenarnya dilihar dari kejujuran Anda. Kebanyakan orang menjawab pertanyaan ini dengan memberi jawaban bahwa dia mempunyai banyak kelebihan dan sempurna.
Yang perlu disadari, Pewawancar Kerja bukan saja mencari calon tenaga kerja yang mahir, tetapi mencari orang yang sadar akan kekurangan atau kelemahan diri serta mau memperbaikinya.
Oleh sebab itu, jika Anda mempunyai pengalaman mengatasi kelemahan Anda terus memperbaiki kegagalan tersebut, maka Anda boleh menjelaskan kepada si Pewawancara Kerja. Anda juga dapat menjelaskan usaha yang Anda lakukan mempunyai dampak yang baik dari pekerjaan Anda sebelumnya.

3. Apakah Anda mempunyai pengalaman gagal dalam bekerja dan bagaimana Anda mengatasi hal tersebut ?
Pertanyaan tersebut hampir sama dengan pertanyaan yang kedua. Bedanya hanya pada kegagalan Anda, dan bukan kelemahan Anda.
Tapi Anda tidak perlu bercerita tentang bagaimana Anda gagal dalam pekerja Anda tersebut.
Anda bisa menjawab dengan : Saat bekerja dulu, Anda mempunyai kesulitan dalam berkomunikasi, bekerja secara team, baik dengan pimpinan maupun sesama teman kerja lainnya.
Oleh sebab itu berbicara tentang kesalahan yang pernah terjadi. Apabila Anda belum pernah bekerja, ceritakan saja tentang organisasi yang pernah Anda ikut, dimana Anda mempunyai masalah komunikasi dengan organisasi tersebut. Anda juga mungkin pernah bekerja secara team dan mengalami kegagalan karena kesalahan Anda sendiri.
Ceritakan pengalaman tersebut, tetapi bukan sekedar kegagalan saja. Kegagalan tersebut mengajarkan kepada Anda saat bekerja, dan mengambil pengalaman yang baik dari kegagalan tersebut. Anda juga bisa menjelaskan kepada si pewawancara kerja, tentang langkah apa yang Anda ambil dalam memperbaiki kegagalan tersebut.

4. Apa rencana Anda 5 tahun kedepan ?
Ini adalah pertanyaan mengenai rencana Anda dimasa akan datang.
Pewawancara memberikan pertanyaan ini untuk mengetahui berapa lama Anda dalam perusahaan jika Anda telah diterima bekerja diperusahaan mereka. Bisa jadi Anda mempunyai rencana mendirikan perusahaan yang sama atau menjadi saingan perusahaan mereka.
Secara halusnya, Pewawancara ingin mengetahui pendapat Anda tentang perusahaan mereka.
Oleh sebab itu, berilah jawaban yang baik, apabila anda diterima dalam pekerjaan tersebut, Anda dapat yakinkan bahwa Anda bisa bekerja dengan baik kepada perusahaan selama 5 tahun kedepan.
Sebaiknya Anda bayangkan dapat bekerja lebih baik di perusahaan tersebut jika anda diterima bekerja. Anda dapat dipercaya memegang jabatan yang penting atau menjadi salah seorang yang membuat keputusan bagi perusahaan. Selain itu, Anda bisa menjelaskan keahlian apa yang Anda miliki kepada pewawancara kerja.

Demikian Tips Menjawab 4 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dengan baik, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar
Apakah Anda siap menghadapi Wawancara Kerja ?
Join Our Newsletter