Langkah-Langkah Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik

Posted by   on

Langkah-Langkah Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik

Langkah-Langkah Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik - Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup adalah hal yang terpenting yang Anda kirimkan ke perusahaan-perusahaan atau tempat melamar pekerjaan. Daftar Riwayat Hidup Anda adalah duta bagi diri Anda. Perusahaan tempat Anda melamar memilih kandidat mana yang akan diwawancarai berdasarkan daftar riwayat hidup yang mereka terima. Itu sebabnya amatlah penting membuat daftar riwayat hidup Anda tidak hanya bisa menceritakan siapa diri Anda tapi juga terlihat berbeda dari ratusan riwayat hidup lain yang mereka terima. Berikut ini adalah tips untuk membuat daftar riwayat hidup yang tidak biasa dan membuat perusahaan tersebut tertarik lalu mengundang Anda untuk wawancara kerja.
  1. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang dan pengalaman kerja Anda. Pastikan bahwa Anda memenuhi semua kriteria yang diinginkan.
  2. Kirim Daftar Riwayat Hidup Anda sedini mungkin. Jangan tunda hingga hari terakhir batas pengiriman lamaran.
  3. Pilih desain dan tata letak Daftar Riwayat Hidup yang memudahkan orang membaca. Gunakan kombinasi huruf tebal, miring dan bergaris bawah, agar Daftar Riwayat Hidup Anda tidak membosankan, namun di sisi lain tetap terlihat rapi. Gunakan font huruf yang memudahkan orang membaca. Jika Anda melamar kerja untuk bidang kreatif, maka tampilan Daftar Riwayat Hidup Anda adalah hal pertama yang mereka nilai.
  4. Untuk bagian header Daftar Riwayat Hidup Anda, taruhlah nama, alamat dan nomor kontak Anda. Tulis dengan huruf agak besar dan pilih font yang berbeda daripada kalimat lainnya. Tata sedemikian rupa sehingga nama dan nomor kontak Anda terlihat dengan baik dan jelas.
  5. Periksa kembali Daftar Riwayat Hidup Anda. Jangan sampai ada salah ketik di dalamnya.
  6. Pastikan agar seluruh nomor dan alamat kontak Anda benar serta tidak salah tulis.
  7. Gunakan warna agar Daftar Riwayat Hidup terlihat lebih menarik. Walaupun sebagian besar perusahaan akan mencetak Daftar Riwayat Hidup yang Anda kirim dalam warna hitam putih, namun tampilan Daftar Riwayat Hidup elektronik yang berwarna dan menarik akan membuat Daftar Riwayat Hidup Anda berbeda dari Daftar Riwayat Hidup pelamar lainnya.

Demikian Langkah-Langkah Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar
Apakah Anda siap menghadapi Wawancara Kerja ?
Join Our Newsletter